Sunday, June 05, 2011

perawatan rambut alami


Rambut yang sehat dan indah tentu jadi idaman kaum hawa, namun sebagian orang berkata bahwa untuk rambut yang sehat dan indah itu memerlukan budget yang tidak sedikit. Maka dari itu inilah bahan alternatif untuk perawatan rambut cantik. Alami pula…





1. Bawang Merah
Bawang merah dapat mencegah rambut dari kerontokan. Makan bawang merah dalam keadaan mentah (misal dalam bentuk acar), dapat membantu kesehatan rambut agar tak cepat rontok.

2. Kelapa Hijau
Kelapa hijau dapat mencegah tumbuhnya uban. Di jaman sekarang uban ternyata tidak selalu tumbuh di rambut mereka yang sudah lanjut usia, orang muda juga banyak yang sudah beruban. Nah, salah satu cara untuk menghilangkan si putih tersebut, sering-seringlah makan kelapa hijau. Selain segar, juga sangat bermanfaat untuk kesehatan rambut. Jika tidak diminum, cara lainnya yaitu usapkan air kelapa hijau ke rambut secara rutin, minimal dua kali seminggu.

3. Kemiri
Sudah bukan rahasia lagi kalau kemiri diyakini dapat memperbaiki dan memperkuat rambut. Dan itu memang itu terbukti benar. Caranya, kemiri ditumbuk kasar, lalu disangrai, setelah itu ditumbuk lagi hingga halus, hingga keluar minyaknya. Gunakan minyak kemiri ini untuk creambath, lakukan sebelum keramas.

4. Lidah Buaya
Semua orang pastinya sudah tahu kalau lidah buaya bisa menyuburkan rambut. Bagi yang ingin mencoba memakai lidah buaya untuk perawatan rambut, caranya : simpan lidah buaya di dalam lemari es, setelah dingin, belah lidah buaya menjadi beberapa bagian, lalu gosok2an ke kulit kepala. Lakukan ini sebelum keramas. Kepala akan terasa adem dan segar.

5. Teh
Selain sehat untuk diminum, teh ternyata bermanfaat untuk mencegah tumbuhnya uban (sama khasiatnya dengan kelapa hijau). Cara penggunaannya, seduh teh dengan air panas, lalu endapkan selama satu malam (hingga teh basi), lalu air teh tersebut digosokkan ke kulit kepala, lakukan sebelum keramas.

6. Daun Waru
Daun waru sangat berkhasiat untuk menghitamkan rambut dan membuat rambut berkilau. Caranya, ambil beberapa lembar daun waru, lalu tumbuk dan peras airnya. Gunakan air perasaan itu untuk creambath, lakukan hal ini secara rutin, dengan begitu rambut menjadi indah berkilau.

7. Biji Pepaya
Sama halnya dengan Kelapa hijau dan Teh, biji papaya juga berkhasiat mengurangi tumbuhnya uban. Caranya; pertama pisahkan biji dari daging buahnya, jemur hingga kering (atau disangrai), lalu tumbuk hingga halus, setelah itu campur dengan olive oil, terakhir usapkan ke rambut dan kulit kepala. Percobaan ini biasanya dilakukan oleh remaja yang tumbuh uban sebelum waktunya.

Selamat mencoba……….. :D

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More